Project Management

Mengenal Project Management Fundamental

Memiliki project management akan meningkatkan kemampuan Anda untuk menjalankan dan mengendalikan suatu proyek. Project management membantu perusahaan meraih tujuan dengan tepat sasaran. Mau tahu lebih lengkap terkait project management? Simak penjelasan berikut ini.

Apa Itu Project Management?

Project Management

Project management adalah metode bertujuan untuk melakukan pengelolaan suatu proyek, yaitu suatu metode pengelolaan yang dikembangkan secara ilmiah dan intensif sejak pertengahan abad ke-20 untuk menghadapi kegiatan khusus yang berbentuk proyek.

Project Management merupakan usaha pada suatu kegiatan agar tujuan kegiatan tersebut bisa tercapai secara efisien dan efektif. Efektif yang dimaksud adalah saat hasil  penggunaan sumber daya dan kegiatan sesuai dengan sasarannya yang meliputi kualitas, biaya, waktu dan lain-lainnya.

Sementara efisien diartikan sebagai penggunaan sumber daya dan pemilihan sub kegiatan secara tepat yang meliputi jumlah, jenis, saat penggunaan sumber lain dan lain-lain. Oleh karena itu manajemen proyek pada suatu proyek konstruksi adalah suatu hal yang tidak dapat diabaikan begitu saja, sebab tanpa manajemen suatu proyek, konstruksi akan sulit berjalan sesuai dengan harapan baik berupa biaya, waktu hingga kualitas.

Tujuan Project Management

Tujuan project management adalah untuk mengusahakan agar semua rangkaian kegiatan sesuai dengan hal berikut:

  1. Tepat waktu, artinya dalam hal ini tidak terjadi keterlambatan penyelesaian suatu proyek.
  2. Biaya yang sesuai dengan perencanaan, maksudnya agar tidak ada biaya tambahan dari biaya yang telah dianggarkan.
  3. Kualitas sesuai dengan persyaratan yang telah ditetapkan.
  4. Proses kegiatan bisa berjalan dengan lancar

Tahapan Perencanaan Proyek

Proses perencanaan ( planning ) proyek dikelompokkan menjadi dua tahap, yaitu pertama planning dalam garis manajemen konsultan dan yang kedua dalam garis manajemen kontraktor.

Perencanaan yang diurus oleh konsultan mencakup fisik struktur secara terperinci sampai pada anggaran biaya dan durasi pekerjaan. Sementara perencanaan oleh kontraktor mencakup metode, rencana anggaran dalam pelaksanaan dan perencanaan administrasi lapangan maupun perusahaan.

Metode Project Management yang digunakan pelaksana proyek (kontraktor) baik manajemen pelaksana, manajemen pengawasan, serta manajemen dari organisasi pemilik proyek pada umumnya adalah sama yaitu berpatokan pada laporan-laporan tertulis yang disesuaikan dengan keadaan nyata di lapangan. Laporan-laporan tertulis tersebut bisa berupa laporan harian, laporan mingguan dan lain-lain.

Suatu proyek dapat didefinisikan sebagai sebuah usaha dalam jangka waktu yang ditentukan dengan sasaran yang jelas. Tujuannya mencapai hasil yang telah dirumuskan pada awal pembangunan proyek.

Berdasarkan penjelasan tersebut, dapat dipahami maksud dan tujuan Project Management adalah usaha untuk meraih sasaran yang telah didefinisikan dan ditentukan dengan jelas seefisien dan seefektif mungkin. Dalam rangka meraih sasaran yang telah direncanakan, diperlukan sumber-sumber daya (resources) terutama  sumber daya manusia yang merupakan kunci utama.

Sasaran Utama Project Management

Simak sasaran utama dalam manajemen proyek berikut ini:

  1. Pengembangan dan penyelesaian proyek  dapat memenuhi budget yang telah ditentukan, jangka waktu yang telah ditetapkan dan kualitas bangunan proyek sesuai dengan spesifikasi teknik yang telah dirumuskan.
  2. Bagi kontraktor yang bonafide dapat mengembangkan reputasi akan kualitas pekerjaannya (workmanship) serta mempertahankannya.
  3. Membentuk organisasi di kantor pusat maupun di lapangan yang menjamin beroperasinya pekerjaan proyek secara kelompok atau team work.
  4. Membuat iklim kerja yang mendukung baik dari sarana,kondisi kerja, keselamatan kerja dan komunikasi timbal balik yang terbuka antara atasan dan bawahan.
  5. Menjaga keselarasan hubungan antara sesama, sehingga orang yang bekerja akan didorong untuk memberikan yang terbaik dari kemampuan dan keahlian mereka.

Proses Project Management

Project managements meliputi proses perencanaan (planning) kegiatan, pengaturan (organizing), pelaksanaan dan pengendalian (controlling). Proses perencanaan, pengaturan, pelaksanaan dan pengendalian tersebut dikenal dengan proses manajemen.

  1. Planning

Perencanaan (planning) adalah memprediksi apa yang terjadi di masa yang akan datang, kemudian melakukan perumusan kegiatan untuk mencapai tujuan yang ditetapkan berdasarkan peramalan tersebut.

Bentuk dari perencanaan dapat berupa: perencanaan prosedur, perencanaan metode kerja, perencanaan standar pengukuran hasil, perencanaan anggaran biaya, perencanaan program (rencana kegiatan beserta jadwal).

  1. Organizing

Pengaturan (organizing) bertugas melakukan pengaturan dan pengelompokan kegiatan proyek konstruksi agar kinerja yang dihasilkan sesuai dengan harapan. Tahap ini menjadi sangat penting karena jika terjadi ketidaktepatan pengaturan dan pengelompokan kegiatan, maka bisa berdampak langsung pada tujuan proyek.

  1. Controlling

Pengendalian (controlling) adalah proses penetapan apa yang telah dicapai, evaluasi kerja, dan langkah perbaikan kedepannya jika diperlukan.

Baca Juga :

Manajemen Proyek (Project Management)

Design & Modelling Business Process Management

Apa itu Project Management? Definisi, Manfaat, Aspek, dan Contoh

Perencanaan Proyek

Untuk mengerjakan sejumlah proyek sekaligus, seperti yang terjadi di beberapa perusahaan besar, maka cara yang efektif untuk menugaskan tenaga kerja dan sumber daya secara fisik adalah melalui organisasi proyek. Maka organisasi akan bekerja secara baik apabila:

  1. Pekerjaan dapat didefinisikan dengan sasaran dan target waktu khusus.
  2. Pekerjaaan unik atau tidak biasa dalam organisasi yang ada.
  3. Pekerjaan terdiri dari tugas yang kompleks dan saling berhubungan serta memerlukan keterampilan khusus.
  4. Proyek bersifat sementara tetapi penting bagi organisasi.
  5. Proyek meliputi hampir semua lini organisasi.

Organisasi proyek dipimpin oleh seorang manajer proyek yang mengkoordinasikan kegiatan proyek dengan departemen lain maupun membuat laporan kepada manajemen puncak.

Tanggung jawab manajer proyek adalah memastikan

  1. Seluruh kegiatan yang diperlukan diselesaikan sesuai urutan yang tepat dan tepat waktu.
  2. Proyek selesai sesuai budget.
  3. Proyek memenuhi sasaran kualitas.
  4. Tenaga kerja yang ditugaskan dalam proyek mendapat motivasi arahan dan informasi yang diperlukan dalam pekerjaan mereka.

Setelah tujuan proyek ditetapkan, maka dilakukan pemecahan proyek menjadi bagian-bagian yang dapat dikelola dengan baik yang disebut WBS (Work Breakdown Structure). Untuk saat sekarang sudah banyak software yang dapat digunakan diantaranya Windows XP.

Training Project Management

Pelatihan manajemen proyek oleh PROXSIS membawa¬†Sebuah Panduan untuk Badan Manajemen Proyek Pengetahuan , ( PMBOK ¬ģ Guide)¬†‚Äď Edisi Kelima hidup , menggabungkan teori dan praktik,diajarkan oleh instruktur yang berpengalaman PMP¬ģ- profesional bersertifikat.

Pelatihan ini dirancang untuk membantu Anda menjaga proyek tetap berada di jalan yang benar bahkan pada saat terberat , atau saat paling tak terduga. ¬†Kelas manajemen proyek dan kursus pelatihan mencakup sepuluh tahapan pengetahuan yang dijelaskan dalam PMBOK ¬ģ Guide, panduan untuk manajemen proyek yang dikembangkan oleh Project Management Institute ( PMI ) ¬ģ

  1. Manfaat Training

a) Mengelola proyek pada setiap tahapan dari siklus manajemen.

b) Mengembangkan rencana proyek yang menyeimbangkan lingkup , waktu, biaya , dan risiko.

c) Menetapkan kontrol proyek untuk memastikan hasil yang sukses.

d) Memantau kegiatan proyek dan efektifitas menilai kemajuan e.

e) Mengumpulkan pelajaran dan membuat arsip proyek yang memberikan kontribusi untuk basis pengalaman organisasi.

Pelatihan bisa diikuti oleh Project Manager, Project Leader, Project Controller, Project Planner, Project Management Team, and anyone who is involved in, or affected by, projects management within an organization.

Bagi Anda yang ingin mengikuti training silahkan menghubungi kami.

 

Training Project Management

[yikes-mailchimp form=”4″]

[yikes-mailchimp form=”2″]

[yikes-mailchimp form=”1″]