Knowledge Center – Menumbuhkan Sikap Profesionalitas Dalam Bekerja

Etos kerja adalah sebuah totalitas kepribadian diri yang memandang, memberikan, meyakini dan mengekspresikan makna dalam suatu pekerjaan yang bisa mendorong diri dalam bertindak serta meraih apa yang diinginkan. Etos kerja itu sendiri merupakan sebuah materi dasar yang paling pending dalam perusahaan. Selain itu etos kerja juga merupakan sebuah aka rata kesuksesan pada sebuah perusahaan. Etos kerja juga sangat berkaitan dengan sikap keprofesionalan seseorang dalam bekerja.

Bergaul dan juga bekerja di dalam kantor mengharuskan seseorang tetap bersikap professional. Profesionalitas yang sangat di butuhkan dalam kehidupan yang serba medern seperti saat ini yaitu kualitas dalam bekerja. Yang bisa bertahan dalam situasi seperti itu hanyalah orang yang memiliki sikap dan juga kemampuan tertentu. Sementara itu bagi seorang karyawan yang tidak dapat bersikap secara professional akan tersisih dengan sendirinya. Persaingan di dunia kerja yang sangat ketat juga mengharuskan para karyawan bersikap secara professional pada saat di kantor.

Dalam menumbuhkan sikap profesionalitas dalam bekerja, anda dapat menerapkan beberapa cara berikut ini pada saat  di kantor.

  • Komunikasi secara jelas dan juga efektif. Jika di bandingkan dengan yang lain, hal ini sangat penting dalam membuat anda menjadi lebih professional. Dalam lingkungan kerja, orang yang sedikit bicara namun dalam menyampaikan sesuatu sangat jelas dan juga efektif, akan sangat dihargai jika dibandingkan dengan karyawan lainnya yang setiap harinya terlalu banyak bicara.
  • Jangan ambil masalah pribadi anda ke dalam lingkungan kerja. Ada baiknya anda bisa memisahkan antara masalah pribadi dengan masalah yang ada di lingkungan kerja. Upayakan lingkungan kerja anda dengan tetap bersikap professional dengan tidak membiarkan urusan pribadi anda mengganggu terhadap pekrjaan anda.
  • Tetap focus ketika anda bekerja. Tahan diri untuk tidak menggunakan sosoal media ketika berada di kantor. Ada baiknya anda menghidari kegiatan yang berhubungan denga urusan pribadi seperti memesan barang secara online dan lain sebagainya.
  • Hal yang penting lainnya untuk menjadi seorang karyawan yang professional yaitu dengan cara bergaul dengan teman kerja. Hal tersebut akan membuat semua karwayan yang lain menjadi ramah terhadap anda. Hindari berkelompok dan juga memilih milih teman, sebab hal itu hanya akan membuat anda sebagai seseorang yang tidak professional. Yang perlu anda ingat dunia di kantor tidak sama dengan pada saat anda masih duduk di sekolah, yang mempunyai kelompok. Untuk membuat semua pekerjaan anda menjadi lancar sebaiknya anda berusaha lebih akrab dengan orang banyak pada saat di lingkungan kantor.
  • Lakukan pekerjaan anda secara sistematis. Salah satu yang menjadi kunci utama untuk menjadi seorang yang professional ialah dengan tetap teratur dalam menjalankan tugas setiap harinya. Hindari anda diingatkan oleh bos ataupun senior anda mengenai pekerjaan anda yang haru di kerjakan. Agar pekerjaan selesai degan mudah, cepat dan juga tanpa hambatan biasakan untuk bekerja dengan teratur pada setiap harinya.

Dengan menerapkan beberapa cara tersebut di kantor, dengan sendirinya akan menumbuhkan sikap profesionalitas dalam bekerja.

 Sumber : Indojobhunter.com

[yikes-mailchimp form=”4″]

[yikes-mailchimp form=”2″]

[yikes-mailchimp form=”1″]