Peran ISO 9001:2015 dalam Membantu Meningkatkan Aktivitas Penjualan

162

Dibalik peran ISO 9001:2015 sebagai standar manajemen mutu, ia juga bisa dianggap sebagai alat bisnis oleh banyak orang di lingkungan bisnis saat ini. Manfaat dari penerapan ISO 9001:2015 jauh melampaui sebatas manajemen mutu; ia juga dapat membantu organisasi Anda untuk meningkatkan kinerja, mengurangi biaya rantai pasokan, mempertahankan pelanggan yang sudah ada, dan menarik yang baru.

Bagaimana ISO 9001:2015 yang relevan dengan tim penjualan Anda?

Jika Anda menganalisis tahun terakhir kinerja tim penjualan Anda, dan Anda memiliki pengetahuan tentang standar ISO 9001:2015, maka itu tidak terlalu sulit untuk membayangkan bagaimana penerapan proses standar dan sertifikasi sesuai standar dapat membantu tim Anda.

Baca juga: 

Apakah tim Anda kehilangan pelanggan dalam setahun terakhir? Apakah organisasi Anda memiliki metode standar untuk menang, mempertahankan, dan mendapatkan umpan balik untuk memungkinkan hubungan yang berkembang? Ketika terjadi kesalahan – yang bisa sangat mahal di dunia penjualan – apakah Anda memiliki metode prosedur untuk memperbaikinya dan menjadi yakin bahwa itu tidak akan terulang? Apakah Anda hebat pada proses perencanaan perbaikan dan peninjauan hasil? Kami yakin bahwa jika Anda menjawab pertanyaan-pertanyaan ini dengan jujur, Anda akan menemukan bahwa hampir selalu ada ruang untuk perbaikan. Jadi, mari kita lihat bagaimana ISO 9001:2015 dapat membantu Anda untuk membuka ruang perbaikan tersebut:

  • Standardisasi proses: ISO 9001:2015 dapat membantu Anda dalam standarisasi proses, yang pada gilirannya dapat memberikan kesempatan untuk memeriksa bagaimana Anda bekerja dan mendorong perbaikan. Penggunaan “pendekatan proses” juga dapat membantu mengintegrasikan proses dan menghilangkan limbah, serta memungkinkan tim penjualan Anda untuk berbagi metodologi umum.
  • Gunakan umpan balik pelanggan untuk meningkatkan sistem: ISO 9001:2015 dapat membantu Anda untuk membangun hubungan yang lebih dekat dengan pelanggan Anda. Meminta umpan balik pelanggan tetap dapat membuktikan sangat membantu untuk mendorong perbaikan dan meningkatkan kepuasan pelanggan, dan kedua, untuk membantu Anda mendorong kebiasaan komunikasi terus-menerus dan hubungan dekat dengan klien.
  • Mengembangkan proses tindakan korektif yang kuat: Dalam hal terjadi kesalahan, ISO 9001:2015 membantu Anda melengkapi diri dengan proses yang benar untuk menyelidiki akar penyebab, menghilangkan, dan memastikannya tidak ada terulang lagi. Dalam hal berurusan dengan penjualan yang hilang, kiriman yang salah, atau pelanggan tidak puas, tindakan korektif yang efektif dapat menjadi penting untuk kinerja penjualan dan keseluruhan bisnis.
  • Mengembangkan proses review dan pengukuran: Mirip dengan lingkungan penjualan, pengukuran yang akurat dan review merupakan elemen kunci dari standar ISO 9001:2015. Menggunakan indikator kinerja utama yang ditetapkan oleh pemangku kepentingan yang relevan – dan dengan masukan manajemen puncak – dapat memungkinkan tim penjualan yang akan diukur secara akurat dan memberikan landasan faktual untuk inisiatif perbaikan.
  • Manajemen risiko: Ini adalah bagian penting dari standar ISO 9001:2015, dan proses manajemen risiko yang efektif dapat memberikan landasan terbaik untuk tim penjualan Anda dalam membuat keputusan berdasarkan risiko yang mempengaruhi pasar pada saat itu.
  • Mendorong budaya perbaikan terus-menerus: Perbaikan terus-menerus mendasari seluruh ISO 9001:2015, dan dalam hal ini seperti mengembangkan hubungan dengan pelanggan, meningkatkan proses yang ada, atau mengembangkan yang baru, perbaikan terus-menerus dapat meningkatkan kinerja penjualan.
  • Meningkatkan kualifikasi organisasi Anda untuk mengikuti tender: Sertifikasi ISO 9001:2015 memberikan bonus tambahan yang memungkinkan masuknya organisasi Anda ke pasar dan peluang tender yang mana dulu belum bisa Anda ikuti. Hal ini akan memberikan pasar dan peluang baru untuk tim penjualan Anda.
Liked it? Take a second to support Riyandi on Patreon!

NO COMMENTS

Leave a Reply