Sistem Perencanaan Produksi (Bag. 3/7) : Sales and Operations Planning

Rencana bisnis strategis mengintegrasikan rencana semua departemen dalam sebuah organisasi dan biasanya diperbarui setiap tahun. Namun, rencana ini harus diperbarui seiring waktu berjalan sehingga prakiraan terbaru dan kondisi pasar dan ekonomi diperhitungkan.Ā Sales and operations planning(SOP) merupakan suatu proses untuk terus merevisi rencana bisnis strategis dan mengkoordinasikan rencana dari berbagai departemen. SOP adalah rencana bisnis lintas fungsional yang melibatkan penjualan dan pemasaran, pengembangan produk, operasi, dan manajemen senior. Meskipun operasi merepresentasikan supply, pemasaran merepresentasikan demand. SOP adalah forum di mana rencana produksi dikembangkan.
Meskipun rencana bisnis strategis diperbarui setiap tahun, penjualan dan perencanaan operasi adalah proses dinamis di mana rencana perusahaan diperbarui secara teratur, biasanya setidaknya bulanan. Proses ini dimulai dengan departemen penjualan dan pemasaran, yang membandingkan permintaan aktual dengan rencana penjualan, menilai potensi pasar, dan perkiraan permintaan di masa mendatang. Rencana pemasaran yang diperbarui kemudian dikomunikasikan kepada manufaktur, engineering, dan keuangan, yang menyesuaikan rencana mereka untuk mendukung revisian rencana pemasaran. Jika departemen ini tidak dapat mengakomodasi rencana pemasaran yang baru, maka rencana pemasaran harus disesuaikan. Dengan cara ini rencana bisnis strategis terus direvisi sepanjang tahun dan kegiatan berbagai departemen dikoordinasikan. Figure 2.5 menunjukkan hubungan antara rencana bisnis strategis dan sales and operating planning.
Ā 
Sales and operating planning (SOP) adalah range menengah dan termasuk pemasaran, produksi, engineering, dan rencana keuangan. Perencanaan penjualan dan operasi memiliki beberapa keuntungan:
  • Menyediakan sarana untuk memperbarui rencana bisnis strategis sebagai perubahan kondisi.
  • Menyediakan sarana untuk mengelola perubahan. Daripada bereaksi terhadap perubahan kondisi pasar atau ekonomi setelah mereka terlanjur terjadi, SOP memaksa manajemen untuk melihat kondisi perekonomian setidaknya secara bulanan dan menempatkannya dalam posisi yang lebih baik untuk rencana perubahan.
  • Perencanaan memastikan berbagai rencana departemen yang realistis, terkoordinasi, dan mendukung perencanaan bisnis.
  • Memberikan rencana yang realistis yang dapat mencapai tujuan perusahaan.
  • Memungkinkan manajemen yang lebih baik untuk produksi, persediaan, dan backlog.

 

Merupakan sesuatu hal yang penting untuk menyadari bahwa penjualan yang efektif dan perencanaan operasi adalah proses perencanaan tingkat eksekutif yang melibatkan potensi untuk membuat trade offĀ  yang signifikan antara berbagai fungsi / departemen dalam perusahaan. Dengan cara ini para eksekutif dapat memastikan bahwa pendekatan terbaik untuk menentukan volum dan mix dibuat, dan bahwa pasokan dan permintaan seimbang dalam pendekatan terbaik.
Sumber:Ā maramissetiawan.blogspot.com/2013/08/sistem-perencanaan-produksi-bag-37.html

[yikes-mailchimp form=”4″]

[yikes-mailchimp form=”2″]

[yikes-mailchimp form=”1″]