iso 41001

ISO 41001 : Jawaban Pengelolaan Fasilitas yang Efektif

Jika masa depan dunia kerja adalah tentang ā€œexperienceā€ karyawan dalam bekerja, bagaimana dengan tempat kerja? Suatu organisasi butuh untuk terus mengikuti tren yang selalu berubah tentang bagaimana dan di mana orang bekerja. Karenanya manajemen fasilitas menjadi sebuah aspek penting dari kesuksesan organisasi. Inilah mengapa pedoman internasional baru saja diterbitkan oleh ISO mengenai manajemen fasilitas.

Semakin kompleks lagi, pasar manajemen fasilitas (FM-Facility Management) global akan bernilai USD 1 triliun pada 2025 ā€“ dan nilai tersebut hanya untuk manajemen fasilitas yang di-outsource. Berkaitan dengan manajemen, operasi, dan pemeliharaan fasilitas organisasi, FM perlu menyeimbangkan kebutuhan dan tuntutan yang berubah dengan cepat dari berbagai pemangku kepentingan dengan kebutuhan bisnis yang efektif, aman, dan berkelanjutan. Ini mempengaruhi kesehatan dan kesejahteraan semua orang yang berhubungan dengan organisasi dan mencakup berbagai bidang, termasuk biaya hunian (overhead tertinggi kedua di hampir setiap organisasi), penggunaan ruang, pemeliharaan, keamanan, kebersihan, lingkungan dan lainnya.

ISO 41001,Ā Manajemen fasilitas ā€“ Sistem manajemen ā€“ Persyaratan dengan panduan untuk digunakan, baru saja diterbitkan pada Bulan April tahun 2018 ini untuk membantu tim FM mencapai efisiensi optimal. Berdasarkan praktik terbaik internasional, standar sistem manajemen yang baru merupakan patokan untuk mengembangkan dan menggerakkan rezim FM secara strategis, taktis, dan operasional yang efektif. Ini juga akan membantu organisasi dalam mencari penyedia layanan FM yang ideal. Karena, penyedia layanan FM yang mampu menunjukkan kepatuhan terhadap standar akan memberikan jaminan lebih tentang ā€œapproachā€ dan proses mereka.

Apakah ISO 41001 itu?

Seperti standar ISO lainnya, ISO 41001 adalah standar terbaru yang diterbitkan oleh Organisasi Standar Internasional. Dengan ISO 41001, organisasi menempatkan fokusnya pada manajemen gedung, yang lebih dikenal sebagai manajemen fasilitas.

ISO 41001 diterapkan untuk menetapkan persyaratan yang harus dipenuhi oleh sistem manajemen fasilitas dalam organisasi yang:

  • ingin menunjukkan efisiensi dan efektifitas manajemen fasilitas, dan apa yang dikontribusikannya untuk tujuan organisasi,
  • mengejar konsistensi dalam mendefinisikan persyaratan dan kebutuhan semua pihak yang terlibat dalam proses manajemen fasilitas dan
  • bertujuan untuk berkelanjutan dalam lingkungan yang sangat kompetitif.

Mengapa perlu proses manajemen fasilitas?

Terlepas dari kenyataan bahwa manajemen fasilitas adalah kegiatan yang ada di semua perusahaan, organisasi telah bekerja keras untuk meluncurkan standar ini, mengingat pentingnya sektor ini bagi banyak negara:

  • Di AS, layanan manajemen fasilitas outsourcing akan mewakili satu triliun dolar pada tahun 2025 (sumber).
  • Di Spanyol, sektor manajemen fasilitas menyumbang 6,4% dari PDB (sumber).

Terlebih lagi, ini adalah pasar yang berkembang pesat, dan pertumbuhan diharapkan akan cepat dan berkelanjutan. Terlepas dari faktor ekonomi, faktor lain menunjukkan pentingnya manajemen fasilitas. Menurut majalah Forbes, masa depan pekerjaan terletak pada pengalaman karyawan di perusahaan.

Bekerja di gedung yang dikelola dengan buruk atau gedung dengan emisi gas rumah kaca yang tinggi adalah parameter yang sekarang dilihat karyawan sebagai hal negatif ketika memutuskan untuk menerima pekerjaan. Itulah sebabnya manajemen fasilitas ada.

ISO 41001: 2018 menetapkan persyaratan untuk sistem manajemen fasilitas (FM) ketika suatu organisasi:

  1. perlu menunjukkan penyediaan FM yang efektif dan efisien yang mendukung tujuan dari organisasi permintaan;
  2. bertujuan untuk secara konsisten memenuhi kebutuhan pihak yang berkepentingan dan persyaratan yang berlaku;
  3. bertujuan untuk dapat bertahan dalam lingkungan yang kompetitif secara global.

Persyaratan yang ditentukan dalam ISO 41001: 2018 adalah non-sektor spesifik dan dimaksudkan untuk berlaku untuk semua organisasi, atau sebuah bagian daripadanya, baik sektor publik atau swasta, dan terlepas dari jenis, ukuran dan sifat organisasi atau lokasi geografis

[yikes-mailchimp form=”4″]

[yikes-mailchimp form=”2″]

[yikes-mailchimp form=”1″]