5 Rahasia Bangun Relasi Ala CEO

5 Rahasia Bangun Relasi Ala CEO

Pernahkah kamu terpikir untuk bisa menjadi seorang CEO suatu perusahaan? Jika iya, berarti kamu hebat!

Bermimpi untuk bisa menjadi CEO dan membangun bisnis sendiri bukanlah sesuau yang mudah. Perlu adanya komitmen, kreativitas, dan fokus dalam menjalankannya. Banyak orang beranggapan bahwa membangun sebuah start up tidak memerlukan modal yang besar dan dapat dijalankan sendiri. Namun pada kenyataannya, sebuah bisnis bisa tumbuh dengan cepat ketika bisa bekerjasama dengan orang lain.

Bisnis bisa berkembang ketika ada kerjasama yang terjalin dengan baik, tapi bisa juga menjadi hancur jika kerjasama yang terjalin buruk. Mencari rekan bisnis yang cocok menjadi sebuah keharusan jika ingin memajukan bisnismu. Sudah menonton drama populer asal Negeri Gingsengā€”Start-Up? Dalam drama tersebut diceritakan tiga pemuda yang mencoba peruntungannya untuk mendirikan sebuah usaha rintisan dengan berfokus pada teknologi kecerdasan buatan.

Namun berjalan dua tahun, perusahaan dengan nama Samsan Tech yang dibuatnya tak kunjung mendapatkan investor. Hal tersebut disebabkan karena Samsan Tech tidak memiliki ide bisnis yang jelas serta tidak mampu menjalin networking atau relasi dengan banyak pihak.

Tidak mau seperti Samsan Tech? simak tips bangun relasi untuk kemajuan bisnismu dibawah ini yuk!

  1. Perbanyak Kenalan

Mengenal dan dikenal banyak orang dapat meningkatkan networking serta menciptakan peluang baru untuk mengembangkan bisnis anda. Banyak pelaku bisnis yang berhasil mengembangkan bisnisnya dengan berawal dari perkenalan. Perkenalan sendiri bisa dicari dengan mengikuti berbagai workshop, seminar, atau berbagai acara lain yang bisa menyebabkan anda bertemu dengan banyak orang dari latar belakang berbeda.

  1. Tukar Kartu Nama

Meski terlihat sedehana, namun cara ini cukup membantu anda untuk membentuk jaringan seluas-luasnya. Kartu nama merupakan alat penting yang merupakan identitas ketika anda ingin membentuk networking dengan orang lain. Ketika kartu tersebut anda berikan ke orang, maka ada kemungkinan ia akan menghubungi anda kembali jika tertarik dengan bisnis yang anda lakukan.

  1. Media Sosial

Perkembangan jaringan internet dan teknologi yang berkembang pesat belakangan ini dapat anda manfaatkan dengan sebaik mungkin. Melalui media sosial, anda bisa promosi sekaligus menjalin networking dengan jangkauan yang lebih luas. Misalnya, bisnis yang anda geluti ada pada bidang fashion. Maka anda bisa coba untuk bergabung kedalam komunitas pecinta fasion atau desain, darisana anda akan mengetahui target pasar sekaligus bisa menjalin relasi yang baik sesama anggota.

  1. Percaya Diri

Timbulnya rasa malu ketika akan berkenalan dengan orang baru bisa menjadi penghambat dalam membentuk jaringan bisnis yang kuat. Maka dari itu, rasa malu tersebut harus di patahkan dengan rasa percya diri. Tanamkan dalam dirimu bahwa setiap orang itu unik.

  1. Tindak Lanjut

Setelah berhasil berkenalan dengan calon rekan kerja, hal yang selanjutnya anda lakukan adalah dengan melakukan tindak lanjutnya agar jangan sampai obrolan tersebut berhenti disitu saja. Caranya anda bisa mengatakan akan menelponnya kembali nanti, atau sesederhana mengirimkan artikel menarik ke emailnya.

Nah jadi, itu dia sedikit tips untuk bangun relasi agar bisnis menjadi kuat. Bagaiamanapun, seorang pebisnis harus berani mengambil resiko dan membuat berbagai keputusan yang tepat. Mungkin akan banyak rintangan yang melanda kedepannya, namun hal tersebut tidak lantas membuat anda menyerah. Never Give Up!

 

Penulis: Dhea Natalie

[yikes-mailchimp form=”4″]

[yikes-mailchimp form=”2″]

[yikes-mailchimp form=”1″]