10 Langkah Menarik Pelanggan Menggunakan ISO 9001:2015

Rate this post

Bagi perusahaan / organisasi yang telah mengimplementasikan ISO 9001: 2015, pasti tahu bahwa standar itu merupakan sistem manajemen yang diakui dan digunakan di seluruh dunia, dan akreditasi standar tersebut memberikan semacam jaminan kepada pelanggan bahwa ada proses dan metodologi tertentu yang berjalan dalam perusahaan / organisasi pemegang sertifikat.

Berdasarkan pengalaman, auditor biasanya akan bertanya pada perusahaan tentang alasan menggunakan ISO 9001: 2015, apakah alasannya adalah untuk perbaikan internal atau karena ada tekanan eksternal. Salah satu alasan yang jarang diberikan adalah untuk memenangkan bisnis, dalam hal ini, untuk memenangkan pelanggan utama. Jadi bagaimana kita bisa menggunakan ISO 9001: 2015 untuk menunjukkan kepada pelanggan yang kita siap dan mampu? Berikut adalah 10 tips yang dapat membantu kita mencapai tujuan tersebut:

  1. Sosialisasikan akreditasi Anda:
    Koordinakasikan dengan lembaga sertifikasi Anda untuk memastikan bagaimana Anda dapat melakukan ini, tapi biarkan komunitas bisnis mengetahui bahwa perusahaan / organisasi Anda terakreditasi ISO 9001: 2015 dengan menggunakan logo yang sudah diizinkan pada kop surat Anda dan website. Hal ini akan menimbulkan kredibilitas bagi perusahaan / organisasi Anda.
  1. Tunjukkan / demonstrasikan bahwa Anda mematuhi standar internasional
    Hal ini benar-benar akan membuka batasan bagi perusahaan / organisasi Anda dalam hal membiarkan pelanggan potensial dari berbagai daerah tahu bahwa Anda mematuhi standar yang diakui di seluruh dunia.
  1. Tampilkan pengendalian proses dan konsistensi produk
    Ketika Anda berkomunikasi dengan calon pasangan, kepatuhan Anda dengan standar akan menunjukkan bahwa Anda dapat menghasilkan produk yang konsisten melalui proses didirikan Anda. Proses penampilan bisa dalam bentuk gambar/video pada website, atau bisa juga dalam bentuk pengiklanan di media.
  1. Menunjukkan kepuasan pelanggan
    Apa yang lebih persuasif untuk prospek bisnis daripada contoh pelanggan yang puas? kepatuhan Anda untuk klausul 9.1.2 dari standar akan menunjukkan calon pelanggan bahwa di perusahaan / organisasi Anda, kepuasan pelanggan merupakan hal yang dicari, serius dan ditindaklanjuti.
  1. Perbaikan berkelanjutan
    Keinginan untuk perbaikan terus-menerus akan membuat pelanggan terkesan, terutama bagi mereka yang dapat melihat bahwa perusahaan / organisasi Anda memiliki aspirasi untuk pertumbuhan.
  1. Demonstrasi komitmen kepemimpinan
    Merupakan hal penting dalam akreditasi ISO 9001:2015 untuk menunjukkan bahwa top manajemen berkomitmen dan terlibat dalam proses ISO 9001: 2015 dengan satu output utama, yaitu: memberikan kepuasan pelanggan.
  1. Menampilkan budaya perusahaan yang positif
    Berdasarkan pengalaman, perusahaan yang mematuhi ISO 9001 memiliki budaya yang jauh lebih positif, dengan kepuasan pelanggan dan perbaikan terus-menerus menjadi fokus utama dalam praktik bisnis; hal ini akan menjadi pertanda baik bagi sebuah organisasi besar yang mungkin ingin membangun hubungan dengan perusahaan / organisasi Anda.
  1. Pengurangan limbah dan penghematan biaya
    Jika calon pelanggan melihat perusahaan / organisasi Anda melakukan hal ini dengan serius, hal ini akan menunjukkan bahwa Anda dapat merencanakan, mengukur, review, dan tindakan kegiatan Anda secara efisien. Ini semua adalah komponen pokok dari ISO 9001: 2015.
  1. Menunjukkan skalabilitas
    Ini adalah faktor yang sangat diabaikan, namun penting. Prinsip ISO 9001: 2015 menunjukkan kepada pelanggan bahwa organisasi telah membentuk proses dan metodologi yang bekerja secara efektif dan efisien. Penting juga bagi perusahaan / organisasi Anda untuk menentukan cara bagaimana untuk menyajikan bukti kepada calon pelanggan bahwa proses dan metodologi Anda telah bekerja secara efektif dan efisien sebagaimana disebutkan di atas.
  2. Tunjukkan bukti perubahan perusahaan / organisasi Anda
    Sekali lagi, hal ini sangat penting. Klausul 6.3 secara khusus membahas perencanaan untuk perubahan, dan jika Anda dapat menunjukkan bahwa Anda dapat melakukan ini dengan cara yang terkontrol, organisasi yang lebih besar mungkin berpikir bahwa Anda siap untuk perubahan positif dalam hubungan bisnis baru akan terjalin.

Pelatihan Terkait:

Pelatihan iso 9001

Jadi, seperti yang kita lihat, penggunaan ISO 9001: 2015 dapat membantu Anda membangun sebuah kerangka persuasif agar sebuah perusahaan yang lebih besar dari diri Anda untuk mempertimbangkan Anda sebagai mitra, dan untuk memenangkan bisnis mereka sebagai pelanggan Anda.

| Training ISO 9001:2015

Program Training 2 hari, Untuk info Training bisa Anda dapatkan di laman berikut.

Spread the love
Oh no...This form doesn't exist. Head back to the manage forms page and select a different form.
Oh no...This form doesn't exist. Head back to the manage forms page and select a different form.
Oh no...This form doesn't exist. Head back to the manage forms page and select a different form.
Need Help?