PQ News – Universitas Panca Budi Menuju ISO 9001:2008

PQ News
Rate this post
Pembenahan tata manajemen kelola dalam berbagai asfek untuk meningkatkan sistem manajemen mutu, akan terus dilaksanakan sebagai komitmen untuk menuju peningkatan mutu pendidikan dan layanan akademik di Universitas Pembangunan Panca Budi (UNPAB) Medan.
Penegasan tersebut disampaikan Rektor UNPAB H. M. Isa Indrawan, SE.,MM, pada acara Launching ISO 9001:2008 menuju peningkatan mutu pendidikan  dan layanan akademik dengan thema “Kami Manajemen (pegawai dan dosen) Berkomitmen Menerapkan ISO 9001:2008 untuk Meningkatkan Kualitas UNPAB” di Kampus M UNPAB, Sabtu lalu.
“Acara yang kita laksanakan ini menunjukkan komitmen kita bersama menuju UNPAB yang lebih baik, mencapai sistem yang bergerak secara otomatis dengan sistem dokumen yang baik. Dengan demikian akreditasi kita pun akan lebih baik pula,” ujarnya.
Ada beberapa hal yang perlu, kita perhatikan dalam proses sertifikasi ISO 9001:2008, sebut Isa Indrawan, diantaranya gap analysis yaitu untuk melihat sejauh mana kesesuaian system yang sedang dijalankan dengan standar terkait yang harus dipenuhi. Executive briefing bertujuan untuk mewadahi komunikasi internal diskusi tentang sejauh mana kebutuhan akan pemenuhan standar yang harus dilakukan dan apa yang harus dipersiapkan untuk proses sertifikasi nanti.
Selain itu, sebut Isa Indrawan, training proses, pembelajaran menjadi pilar utama untuk bisa melaksanakan system dengan benar dan efektif. Pemahaman setiap anggota dalam organisasi terutama team leader yang tergabung dalam proyek sertifikasi menjadi barometer suksesnya implementasi sistem dan proses sertifikasi.
“Saya yakin, melalui kerjasama dan komitmen kita bersama sertifikasi ISO 9001:2008 akan dapat kita raih, di awal tahun 2014,” ucap Isa Indrawan.
Sementara Direktur QIMS Tirmizi mengatakan perusahaan yang sudah menerapakan sistem manajemen mutu ISO 9001:2008 memiliki lingkup proses yang terkait dengan penerapan rencana mutu (klausul.7 realisasi produk ISO 9001:2008). Sehingga dapat disimpulkan bahwa perusahaan yang sudah menerapakan sistem manajemen mutu ISO 9001:2008 sudah pasti memiliki rencana mutu.
“Rencana mutu merupakan bagian dari proses product realization atau realisasi proses. Walaupun hanya sebagian kecil dari sistem manajemen mutu, namun rencana mutu merupakan proses yang terkait langsung dengan pemenuhan persyaratan pelanggan. Hal tersebut dapat terlihat dari input dan output yang langsung terhubung dengan persyaratan pelanggan dan kepuasan pelanggan. Untuk perusahaan yang belum menerapkan sistem manajemen mutu ISO 9001:2008, dapat menerapkan rencana mutu terlebih dahulu sesuai standard ISO 10005:2005. Pertimbangan untuk menerapkan rencana mutu terkait dengan tingkat kerumitan proses dan biaya yang dibutuhkan untuk penerapan sistem manajemen mutu ISO 9001:2008,” ujarnya.
Acara diakhiri dengan penandatanganan kesepakatan yang dilakukan Rektor UNPAB H M Isa Indrawan SE MM, Rektor I Doni Lesmana S.Kom, Rektor II Samrin SE MM, Rektor III Hasul Azwar SE, Humas Unpab Robi Krisna, para dekan, dosen dan pegawai serta dari konsultan PT QIMS.
Sumber : beritasore.com
Berita-berita lain bisa dibaca di harian www.ipqi.org . Terima kasih
Spread the love
Oh no...This form doesn't exist. Head back to the manage forms page and select a different form.
Oh no...This form doesn't exist. Head back to the manage forms page and select a different form.
Oh no...This form doesn't exist. Head back to the manage forms page and select a different form.
Need Help?