PQ News – Pascasarjana Berhasil Meraih Sertifikat ISO 9001

PQ News

Program PascasarjanaUNUD berhasil meraih Sertifikat Sistem Manajemen Mutu ISO 9001 : 2008. Acara penyerahan dilaksanakan di Aula Lantai III Gedung Pasca Kampus Sudirman Denpasar. Sertifikat tersebut diserahkan langsung oleh GM. Oprasional PT. URS Services Indonesia. Acara ini dihadiri oleh para Dekan, Kepala BPMU, Kaprodi Magister dan Doktor, GM. Ops. URS, Konsultan ISO, Tim Task Force ISO Pascasarjana, UPM, para TPPM, Dosen serta staf/pegawai di lingkungan Program Pascasarjana Universitas Udayana.

Menurut WMM ( Wakil Manajemen Mutu ) Prof. Dr. Made Budiarsa, MA., bahwa setiap organisasi memiliki rencana target/sasaran yang ingin dicapai dan dapat berubah sesuai dengan situasi dan kondisi yang terjadi pada organisasi tersebut. Sasaran organisasi dapat didasari oleh adanya¬†Tujuan Organisasi ( Goals ), Visi dan Misi, Nilai-nilai, Rencana Kerja dan Anggaran.¬†Pencapaian sasaran organisasi harus dilakukan dengan melalui penggunaan suatu¬†Sistem Manajemen¬†yang didukung dengan adanya sumber daya yang sesuai. Manajemen mutu adalah aktivitas ‚Äď aktifitas yang terkoordinasi untuk mengarahkan dan mengawasi suatu organisasi dalam hubungannya dengan mutu. Sistem Manajemen Mutu adalah suatu sistem untuk menerapkan Kebijakan Mutu dan Sasaran dan untuk mencapai sasaran tersebut.

Sistem Manajemen Mutu dijalankan di Program Pascasarjana UNUD harus mampu mengintegrasikan seluruh proses dan sumber daya yang diperlukan oleh Program Pascasarjana UNUD untuk menghasilkan produk/layanan yang diharapkan. Pengembangan dan penyusunan Sistem Manajemen Mutu Program Pascasarjana UNUD mengacu pada standar ISO 9001 : 2008, yang menerapkan Standar Internasional untuk Sistem Manajemen Mutu.

Lebih lanjut WMM menyatakan bahwa Globalisasi dan persaingan di bidang Pengelolaan Akademik di Perguruan Tinggi menuntut adanya peningkatan mutu dalam menjalankan kegiatannya untuk dapat bertahan dan berkembang sehingga tidak tertinggal atau pun kalah dengan pihak lain. Peningkatan mutu tidak hanya perludilakukan pada mutu produk/layanan yang diberikan tetapi lebih kepada hal yang mendasar dari suatu organisasi, yaitu adanya peningkatan mutu dari sistem manajemen yang digunakan sehingga mencerminkan standar pelayan yang profesional. Profesional dalam arti mengacu kepada tindakan yang didasrkan atas Standar Opration Presedures (SOP) dalam setiap gerak dan langkah yang dilakukan dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat, khususnya mahasiswa. Dengan demikian diperlukan sebuah paradigma pada pengelolaan manajemen yang berfokus kepada kepuasan pelanggan terutama mahasiswa dan melakukan peningkatan mutu pendidikan secara berkesinambungan. Ada beberapa tahapan yang telah dilaksanakan yaitu :

  1. Pengembangan Sistem
  2. Penerapan Sistem Manajemen Mutu
  3. Sertifikasi

Dari tiga Badan Sertifikasi Independen yang telah melakukan presentasi di Program Pascasarjana UNUD terpilih salah satunya yaitu Badan Sertifikasi Independen dari URS .  Dengan hasil bahwa Program Pascasarjana dengan 25 Program Studi Magister dan 9 Program Studi Doktor dinyatakan berhak menerima sertifikat STANDAR INTERNASIONAL SISTEM MANAJEMEN MUTU SESUAI DENGAN ISO 9001 : 2008 yang diserahkan.

Sumber : http://www.pps.unud.ac.id

[yikes-mailchimp form=”4″]

[yikes-mailchimp form=”2″]

[yikes-mailchimp form=”1″]