Mengapa Kalibrasi Alat Ukur Sangat Penting Bagi Perusahaan?

43

Kalibrasi adalah perbandingan antara pengukuran (standar) yang diketahui dan pengukuran dengan menggunakan instrumen. Biasanya, standar keakuratan harus menjadi keakuratan alat ukur yang diuji. Namun, rasio akurasi 3:1 dapat diterima oleh kebanyakan standar organisasi.

Serangkaian kegiatan yang membentuk hubungan antara nilai yang ditunjukkan oleh instrumen ukur atau sistem pengukuran, atau nilai yang diwakili oleh bahan ukur, dengan nilai-nilai yang sudah diketahui yang berkaitan dari besaran yang diukur dalam kondisi tertentu. (ISO/IEC 17025 & VIM)

Kalibrasi alat ukur memiliki dua tujuan yaitu untuk memeriksa keakuratan instrumen dan menentukan ketertelusuran pengukuran. Dalam prakteknya, kalibrasi juga mencakup perbaikan perangkat jika berada di luar kalibrasi. Sebuah laporan diberikan oleh ahli kalibrasi, yang menunjukkan kesalahan pengukuran dengan alat ukur sebelum dan sesudah kalibrasi.

Baca:

Untuk menjelaskan bagaimana kalibrasi dilakukan kita bisa menggunakan mikrometer eksternal sebagai contohnya. Di sini, keakuratan skala adalah parameter utama untuk kalibrasi. Selain itu, instrumen ini juga dikalibrasi untuk kesalahan nol dalam posisi tertutup sepenuhnya dan kerataan dan paralelisme permukaan pengukuran. Untuk kalibrasi skala, digunakan alat pengukur slip yang dikalibrasi. Sebuah flat optik dikalibrasi digunakan untuk memeriksa kerataan dan paralelisme.

Mengapa kalibrasi itu penting?

Keakuratan semua alat ukur menurun dari waktu ke waktu. Namun, perubahan akurasi juga dapat disebabkan oleh sengatan listrik atau mekanik atau lingkungan manufaktur yang berbahaya (misalnya minyak, metal chips dll.). Bergantung pada jenis instrumen dan lingkungan tempat penggunaannya, mungkin akan terdegradasi dengan cepat atau dalam jangka waktu yang lama. Intinya adalah bahwa, kalibrasi meningkatkan keakuratan alat ukur. Alat ukur yang akurat meningkatkan kualitas produk.

Manfaat  Kalibrasi

  1. Bagi Perusahaan Manufacture
  • Untuk pemenuhan kualifikasi persyaratan ISO / QMS
  • Untuk meyakini hasil pengetesan terhadap output produksi
  • Untuk kepentingan pengendalian produksi yang baik
  • Meyakinkan pembacaan alat ukur yang dipakai
  • Traceability of the instrument
  • Meyakini pembuatan laporan berdasarkan data yang akurat
  1. Bagi Perdagangan/Unit Ekonomi

Meyakinkan keakurasian pengukuran barang yang diperdagangkan atau dijadikan obyek transaksi karena telah melalui alat ukur yang terkalibrasi

Kapan Anda harus mengkalibrasi alat ukur Anda?

Alat ukur harus dikalibrasi:

  • Berdasarkan rekomendasi manufaktur.
  • Setelah terjadi sengatan listrik atau mekanis.
  • Secara berkala (setiap tahun, kuartalan, bulanan)

Biaya dan risiko yang terkait dengan alat pengukur yang tidak dikalibrasi bisa jauh lebih tinggi daripada biaya kalibrasi. Oleh karena itu, direkomendasikan bahwa alat ukur tersebut dikalibrasi secara teratur oleh perusahaan yang memiliki reputasi baik untuk memastikan bahwa kesalahan yang terkait dengan pengukuran berada dalam kisaran yang dapat diterima.

Baca juga:

IPQI merupakan member of Proxsis Consulting Group yang bergerak di bidang Productivity dan Quality telah berdiri sejak tahun 2005 dan turun membantu klien kami dalam mengembangkan kinerja di perusahaannya. Sebagai Education and Training Centre, IPQI selama ini juga telah menyelenggarakan Training Kalibrasi, Seperti Suhu, Masa, Tekanan, dll yang melahirkan ribuan tenaga ahli kalibrasi internal.

Sebagian besar klien kami adalah perusahaan manufacture yang membutuhkan kepresisian dan akurasi dalam melakukan proses produksinya, Sulitnya mencari lembaga laboratorium kalibrasi yang terpercaya dan bukan hanya memiliki kemampuan dalam melakukan kalibrasi, tetapi juga mampu memenuhi tuntutan perusahaan dalam hal:

  • Kecepatan pelaksanaan kalibrasi sehingga tidak mengganggu produksi,
  • Memberikan bimbingan/ konsultasi penggunaan alat yang baik
  • Memberikan training sebagai tenaga ahli kalibrasi internal tersertifikasi.

IPQI terpanggil untuk membantu memberikan solusi atas kesulitan tersebut, maka di awal tahun 2016 ini kami perkenalkan IPQI CALIBRATION LAB yang akan melayani kebutuhan perusahaan untuk:

  • Kalibrasi Alat Uji dan Ukur Dimensi, Massa, Suhu, Tekanan, Gaya dan lainnya.
  • Training teknik Kalibrasi
  • Training Petugas Kalibrasi bersertifikasi dari Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP)

 

Liked it? Take a second to support Robiul Syahadah on Patreon!

NO COMMENTS

Leave a Reply