Project Management

Memahami Pentingnya Pelatihan dan Sertifikasi Project Management, serta Hal Fundamental Perlu Dipahami

Pelatihan dan sertifikasi project management sangat berguna untuk orang-orang yang ingin menjadi project manager. Tidak hanya untuk calon project manager, sertifikasi dan pelatihan ini juga memiliki manfaat yang bisa Anda pelajari.

Kenyataannya, Ā skill project managementĀ juga berguna untuk orang-orang yang tidak berprofesi di bidang manajemen proyek. Bagaimana pelatihan dan sertifikasi project management berperan untuk karir Anda? Simak penjelasan di bawah ini.

Perbedaan Pelatihan dan Sertifikasi Project Management

Project Management

Pelatihan dan sertifikasi sama-sama memberikan materi seputar project management hingga membantu Anda membangun karir. Namun terdapat perbedaan antara keduanya.

PelatihanĀ project management bertujuan membantuĀ  Anda memperdalam kemampuan manajemen proyek. Sedangkan sertifikasi tidak hanya mengasahĀ skill project management, namun juga memvalidasi kemampuan serta pengetahuan tersebut.

Pelatihan project management ada yang mengharuskan peserta untuk lulus ujian terlebih dahulu dan ada pula yang langsung memberikan sertifikat penyelesaian pelatihan. Berbeda dengan sertifikasi project management, Anda wajib lulus ujian terlebih dahulu untuk bisa mendapatkan sertifikasi sebagai tanda kelulusan dan kompetensi.

Sertifikasi dan pelatihan project management sama-sama bagus untuk dijalani, tergantung dari preferensi Anda. Biasanya jika Anda sudah memiliki pengetahuan dasar tentang materiĀ project management, Anda bisa langsung menjalani sertifikasi alih-alih mengikuti pelatihan terlebih dahulu.

Alasan Pentingnya Ikut Pelatihan dan Sertifikasi Project Management

Anda akan mendapatkan banyak manfaat dari mempelajari materiĀ project management melalui pelatihan atau sertifikasi, apapun profesi saat ini. Simak beberapa alasan pentingnya ikut pelatihan dan sertifikasi:

1. Meningkatkan Nilai Jual Diri saat MencariĀ  Kerja

Anda dapat mencantumkan pelatihan atau sertifikasiĀ project management yang sudah diikuti sebagai nilai plus dalam CV. MateriĀ project management tidak hanya berupa cara mengatur proyek, tapi juga seputarĀ soft skills, seperti komunikasi dan kepemimpinan.

Soft skills ini akan meningkatkan nilai jual Anda di mata HRD perusahaan. Perusahaan-perusahaan akan mencari orang-orang dengan kemampuanĀ soft skillĀ yang mumpuni untuk bisa memimpin suatu tim.

2. Memiliki Kemampuan Mengelola Keuangan

Jika Anda bekerja di bidang finance atau product, materiĀ project management akan sangat membantu untuk meningkatkan kemampuan mengatur keuangan atau stok produk di perusahaan. Selain itu, Anda juga bisa menerapkanĀ project management untuk budget pribadimu.

3. Meningkatkan Kompetensi Diri

MateriĀ project managementĀ bisa diterapkan dalam dunia kerja meskipun Anda tidak berprofesi sebagai seorangĀ project manager. Berbekal materi pelatihan atau sertifikasiĀ project management, Anda akan jadi lebih mudah membuat perencanaan untuk menyelesaikan tugas.

Contoh, jika Anda bekerja sebagai sales,Ā  Anda bisa mengatur atau menyusun perencanaan secara sistematis untuk bisa meningkatkan penjualan sesuai dengan target dari atasan. Dampak positif lainnya, Anda juga akan disegani oleh atasan dan supervisor karena hasil kerja yang cepat dan rapi.

4. Tidak Khawatir Tugas Menumpuk

Mendapat tugas yang banyak saat bekerja dengan deadline berbeda-beda kadang tak jarang membuat Anda pusing. Materi project management sangatĀ berperan agar Anda tidakĀ breakdown dan kalap menyelesaikan berbagai tugas dengan tenggat waktu yang berbeda-beda.

5. Meningkatkan Komunikasi dan Kemampuan Kepemimpinan

MateriĀ project managementĀ juga meliputiĀ soft skillsĀ berupa kemampuan berkomunikasi danĀ leadership. Kedua hal ini akan membantu Anda dalam menangani tugas, khususnya yang memerlukan kerja sama antar tim atau divisi.

6. Membuat Dokumen Laporan secara Rinci

Materi project management mengajarkan Anda cara membuat dokumen atau laporan secara detail. Tentu ini sangat berguna untuk analisis data perusahaan nantinya. Membuat laporan secara rinci dan teratur akan membuat atasan Anda terkesan.

Pelatihan Project Management

Pelatihan project management oleh PROXSIS membawaĀ Sebuah Panduan untuk Badan Manajemen Proyek Pengetahuan , ( PMBOK Ā® Guide)Ā Ā ā€“ Edisi Kelima hidup , menggabungkan teori dan praktik, diajarkan oleh instruktur yang berpengalaman PMPĀ®- profesional bersertifikat.

Pelatihan ini dirancang untuk membantu Anda menjaga proyek tetap berada di trek yang benar bahkan pada saat terberat atau saat paling tak terduga.Ā Kelas project management dan kursus pelatihan mencakup sepuluh tahapan pengetahuan yang dijelaskan dalam PMBOK Ā® Guide, panduan untuk manajemen proyek yang dikembangkan oleh Project Management Institute ( PMI ) Ā®

  • Manfaat Pelatihan:
  1. Mengelola proyek pada setiap tahapan dari siklus manajemen.
  2. Mewujudkan rencana proyek yang menyeimbangkan lingkup , waktu, biaya, dan risiko.
  3. Membatasi kontrol proyek untuk memastikan hasil yang sukses.
  4. Memantau kegiatan proyek dan efektifitas menilai kemajuan.
  5. Mengumpulkan pelajaran dan membuat arsip proyek yang memberikan kontribusi untuk basis pengalaman organisasi
  • Garis Besar:
  1. Pengenalan Manajemen Proyek
  2. Standar Manajemen Proyek
  3. Proses manajemen proyek, proses produk dan proses pendukung
  4. Siklus Hidup Proyek ā€“ kunci bintang
  5. Kelompok Proses Manajemen Proyek dan Pemetaan Area Pengetahuan (47 Proses Manajemen Proyek )

Baca juga:

 

  • Lama Pelatihan :

Acara selama 2 hari

Investasi

Umum : Rp 5.250Ā .000, / Peserta

Inhouse : Sesuai Penawaran

  • Peserta yang perlu hadirĀ :

Manajer Proyek, Pemimpin Proyek, Pengontrol Proyek, Perencana Proyek, Tim Manajemen Proyek, dan siapa saja yang terlibat dalam, atau dipengaruhi oleh, manajemen proyek dalam suatu organisasi.

 

Project Management Fundamental

[yikes-mailchimp form=”4″]

[yikes-mailchimp form=”2″]

[yikes-mailchimp form=”1″]