Masa Persiapan Pensiun

DESKRIPSI TRAINING MASA PERSIAPAN PENSIUN

Tidak dipungkiri lagi bahwa saat menjelang masa persiapan pensiun merupakan masa yang sangat ditakuti oleh banyak orang yang sebelumnya berstatus sebagai  karyawan. Betapa tidak karena semasa seseorang menjadi karyawan mempunyai penghasilan tetap berupa Gaji yang jumlahnya relative besar sesuai pangkat / jabatannya dan setelah menjalani masa pensiun hanya menerima uang manfaat pensiun yang jumlahnya relative kecil . Kondisi seperti ini kalau tidak ada persiapan sebelumnya sudah barang tentu akan mengakibatkan power syndrome dan stress yang berkelanjutan , karena tidak adanya pengganti kesibukan dan juga pengganti sumber pendapatan untuk menutup kekurangan dana anggaran rumah tangga setelah karyawan menjalani masa pensiun. Hal ini tidak  akan terjadi apabila karyawan jauh sebelum menjalani masa pensiun sudah mempunyai perencanaan kegiatan dan sumber pendapatan lainnya  selain dari uang manfaat pensiun. Salah satu elemen kunci untuk bisa menjalani masa pensiun dengan sukses adalah persiapan. Orang yang telah membuat persiapan untuk masa pensiunnya cenderung lebih sukses beradaptasi pada perubahan dalam hidupnya (Lo & Brown, 1999; Sterns & Gray, 1999, dalam Cavanaugh, 2006).

Ready to Retire adalah program Wealth Coaching yang khusus ditujukan bagi para professional yang sudah mendekati usia pensiun. Program ini mempersiapkan profesional untuk menikmati pasca pensiun dengan sehat, damai, produktif, sejahtera dan bahagia.

Tahapan Persiapan Masa Pensiun merupakan Suatu awal melepaskan atau berangsur-angsur mengurangi tanggung jawab pekerjaan untuk menghindarkan penurunan tiba-tiba dalam aktivitas di masa pensiun. Dengan berkurangnya kemampuan beberapa fungsi fisik mengharuskan pensiunan melakukan pengurangan aktivitas bekerja. Program pensiun Program pensiun berupa berhenti dari bekerja untuk memulai kehidupan baru sebagai seorang pensiunan. Kehidupan di masa pensiun Suatu usaha mengatasi mengenai berhentinya dari bekerja dan pikiran mengenai apa yang akan dikehendaki untuk hidup sebagai seorang pensiunan. Mempersiapkan aktivitas yang memungkinkan untuk menikmati masa pensiun dengan menggunakan waktu luang yang ada.

Untuk mencapai keseimbangan masa pensiun tersebut, platform Ready to Retire menggunakan pendekatan yang integral mencakup 5 aspek:

Psychological (Psikologis)

Membangun kesiapan mental untuk siklus hidup yang baru, dengan dinamika dan tantangan yang berbeda dibandingkan dengan masa aktif bekerja. Aspek ini akan didampingi oleh coach Vanaya yang berlatarbelakang ilmu psikologi.

Physiological (Kesehatan)

Meletakkan dasar-dasar untuk terbentuknya kebiasaan dan pola hidup sehat, alami, dan berimbang sehingga meminimalisasi resiko penyakit usia senja dan tetap bugar tanpa masalah kesehatan berarti. Aspek ini akan dibimbing oleh coach Vanaya yang berasal dari dunia medis.

Entrepreneurial (Kewirausahaan)

Membuka mindset, wawasan, kesiapan, dan strategi untuk memulai bisnis meskipun di usia jelang pensiun. Strategi memulai bisnis ini akan dipandu oleh Business Coach Vanaya yang juga merupakan pemilik bisnis dari beragam industri.

Financial (Finansial)

Membantu para calon pensiunan untuk membangun aset dan penghasilan pasif pengganti gaji, sehingga tidak ada kekhawatiran kekurangan uang di masa pensiun. Strategi yang digunakan berdasarkan Income Pentagon, dipandu oleh Wealth Coach Vanaya yang merupakan investor yang telah mencapai passive income.

Spiritual (Spiritual)

Mempersiapkan para calon pensiunan agar memiliki kualitas mental dan spiritual yang mampu mengatasi berbagai tantangan hidup di usia senja, sehingga masa pensiun tidak hanya dapat dinikmati secara produktif dan sejahtera, tetapi juga penuh kebahagiaan.

Siapa yang WAJIB mengikuti Training Masa Persiapan Pensiun :

  1. Calon Pensiun Dini
  2. Calon Pensiunan
  3. Professional
  4. Umum

BAGAIMANA FORMAT PROGRAM TRAINING MASA PERSIAPAN PENSIUN :

WORKSHOP PUBLIK MASA PERSIAPAN PENSIUN

2 hari group coaching pada jadwal yang telah ditetapkan, para peserta dari berbagai latar belakang yang berbeda akan dicoaching bersama-sama secara group

WORKSHOP IN-HOUSE MASA PERSIAPAN PENSIUN

2-5 hari group coaching yang diadakan khusus di dalam perusahaan Anda. Format kegiatan dapat bersifat customized, dilengkapi dengan business visit dan retirement inspiration dari para best practice di bidangnya, sesuai kebutuhan dan preferensi Anda.

Berdasarkan experience pada umumnya karyawan yang akan memasuki masa pensiun akan mengalami hal ‚Äďhal sebagai berikut :

  1. Syndroma psikis mental ketika memasuki masa persiapan pensiun
  2. Syndroma psikis phisik seiring dengan  pertambahan usia
  3. Syndroma ekonomi dan keuangan untuk memelihara kecukupan pendapatan

Ketiga hal diatas seringkali menjadi persoalan yang cukup ditakuti oleh karyawan sebelum memasuki masa pensiun dan tidak sedikit yang menyikapinya dengan cemas karena menganggap masa pensiun penuh dengan ketidakpastian, padahal sebenarnya di sisi lain karyawan yang akan memasuki masa pensiun mempunyai banyak pengalaman dan pengetahuan yang merupakan modal dasar untuk menangkap peluang usaha sesuai bakat dan pengalamannya dan dalam kenyataan dilapangan tidak sedikit yang sukses dalam second karirnya setelah setelah menjalani masa pensiun .

Dalam Two Days Workshop ini para peserta training akan mendapatkan pembekalan berwirausaha dari praktisi Finance dan Quadrant Cash Management yang juga penulis buku Great Cash Management Great Profit dan Denyut Jantung Keuangan Keluarga Di Tangan Ibu-2 yang diterbitkan oleh PT Elexmedia Komputindo ( Gramedia Group ). Beliau disamping sebagai trainer public training dan inhouse training di berbagai provider training juga sebagai Direktur CONSULTING di Bandung .

MANFAAT PESERTA TRAINING  MASA PERSIAPAN PENSIUN

  1. Memahami second karir setelah menjalani masa pensiun
  2. Memahami cara menghilangkan syndrome psikis mental dan phisik
  3. Memahami cara menangkap peluang usaha
  4. Memahami cara merinstis usaha bisnis
  5. Memahami teknik implementasi usaha bisnis

TARGET PESERTA  TRAINING  MASA PERSIAPAN PENSIUN

  1. Karyawan yang akan menjalani masa pensiun   5 tahun sebelumnya
  2. Karyawan yang akan menjalani masa pensiun 3 tahun sebelumnya
  3. Karyawan yang akan menjalani masa persiapan pensiun 1 tahun sebelumnya
  4. Manajer / ASMEN / SPV HRD yang berkompeten dalam pembekalan Pra Pensiun
  5. Para pemerhati kesejahteraan karyawan pra / paska pensiun

AGENDA TRAINING  MASA PERSIAPAN PENSIUN

HARI PERTAMA :

  • Intoduction perbedaan karyawan aktif dan pensiunan
  • Analisis perbedaan kondisi keuangan karyawan aktif dan pensiunan
  • Analisis teori kebutuhan ‚Äú Maslow ‚Äú
  • Strategi persiapan mental, phisik, lingkungan, keuangan dan spiritual pra pensiun
  • Strategi mengelola keuangan, aktivitas dan peluang bisnis setelah pensiun
  • Perubahan paradigma dari karyawan ke pensiunan
  • Perubahan paradigm sikap dan karakter dari karyawan ke wirausaha
  • Sharing / Diskusi

HARI KEDUA  :

  • Identifikasi peluang usaha bisnis
  • Teknik memilih usaha bisnis
  • Teknik implementasi usaha bisnis
  1. Melakukan study kelayakan usaha bisnis frechchise / mandiri
  2. Memilih lokasi usaha bisnis
  3. Memilih sumber pendanaan usaha bisnis
  4. Strategi marketing usaha bisnis
  5. Kiat sukses usaha bisnis
  6. Mengelola usaha bisnis
  • Menyusun Bisnis Plan
  • Menyusun Struktur Organisasi
  • Menyusun Balansheet & Income Statement
  • Menyusun Cash Flow
  • Menyusun¬† Cash Budget
  • Menganalisa laporan keuangan
  • Expansi usaha bisnis
  1. Benchmarking usaha bisnis franchise / mandiri
  2. Sharing / Diskusi

IPQI Institute bekerjasama dengan Proxsis HR untuk menyelenggarakan Pelatihan Masa Persiapan Pensiun. Informasi lebih lanjut atau pendaftaran klik disini

, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,
Previous Post
Procedure Development and Implementation 14 – 15 Juli, 11 – 12 Agustus 2014
Next Post
Training Happy Pension

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

[yikes-mailchimp form=”4″]

[yikes-mailchimp form=”2″]

[yikes-mailchimp form=”1″]